Minggu, 25 Desember 2011

Laporan PKL - SMKN 1 Gantar (shillvia)


LAPORAN
PELAKSAAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA INSDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010


A. Pendahuluan
SMK NEGERI 1 GANTAR adalah suatu Lembaga Pendidikan Kejuruan yang mempunyai tugas untuk dapat menghasilkan siswa-siswi yang terampil dalam bidang pengusaan Mekanik Mesin (Otomotif), Teknik Informasi dan Komunikasi (Informatika)  dan Teknik Gambar Bangunan (Arsitektur)  dalam dunia kerja, tangguh, berdedikasi tinggi serta mampu berinteraksi dalam dunia kerja. Di dalam mencapai tujuan yang mulia tersebut, maka setiap siswa/siswi  harus menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan dasar, serta harus memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas dalam Ilmu Mekanik Mesin (Otomotif), Teknik Informasi dan Komunikasi (Informatika)  dan Teknik Gambar Bangunan (Arsitektur). Agar dapat mencapai tujuan tersebut, maka salah satu cara adalah dengan menerjunkan siswa/siswi langsung pada dunia kerja yang sebenarnya. Praktik Kerja Industri  ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan dan pengetahuan siswa/siswi  dalam setiap praktik dan menerapkan teori-teori yang telah penulis dapat pada objek secara langsung. Pengaturan pelaksanaan Praktik Kerja Industri dilakukan oleh sekolah dengan mempertimbangkan kesediaan lembaga atau dunia kerja untuk dapat menerima siswa/siswi yang akan melaksanakan Praktik Kerja Industri. Struktur program kurikulum, kalender pendidikan pada tahun ajaran tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi keadaan setempat.
Dengan diadakannya Praktik Kerja Industri saat ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap siswa/siswi SMK NEGERI 1 GANTAR mendapatkan suatu gambaran yang nyata di dalam menjajaki dunia kerja dan menerapkan apa-apa yang telah didapatkan dari akademi pada pekerjaan yang akan digeluti, sehingga bila kita terjun ke dunia kerja tidak mendapatkan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan dapat menerapkan keahlian profesi yang dimiliki.

1.  Latar Belakang
Praktik Kerja Industri merupkan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan  pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan melakukan praktik kerja secara langsung dan terarah untuk menambah keahlian tertentu.
Latar belakang mengapa penulis memilih untuk prakerin di KPP Pratama Indramayu karena penulis ingin lebih mengerti dan memahami sedikitnya tentang perpajakan dan  juga bisa mengaplikasikan pelajaran – pelajaran yang sudah penulis dapatkan disekolah atau sesuai dengan kejuruan yang penulis ikuti. Dan adapun alasan lain mengapa penulis memilih untuk prakerin di tempat tersebut adalah agar penulis memiliki pengalaman bekerja kelak jika penulis sudah lulus sekolah nanti dan keinginan penulis untuk melanjutkan kuliah di STAN (Sekolah Akutansi Negara) yang ada hubungannya dengan tempat penulis prakerin, yaitu untuk penerimaan karyawan kantor pajak yang di produksi langsung oleh STAN.

2.  Tujuan Prakerin
Tujuan utama penulis prakerin di KPP Pratama Indramayu adalah sebagai berikut     :
¿  Unutuk memenuhi standar kompetensi disekolah.
¿  Memiliki bekal dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja, sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
¿  Untuk merealisasikan pengetahuan yang didapat dari sekolah dengan pekerjaan yang sebenarnya di perusahaan.
¿  Untuk memperluas pandangan dan wawasan penulis terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di bidang bersangkutan dan di tempat praktik dengan segala persyaratan.
¿  Menambah ilmu pengetahuan yang tidak didapat disekolah.

3.  Manfaat Prakerin
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktik kerja industri yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktik kerja industri yang telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut :
Ø  Keahlian professional yang diperoleh dari praktik kerja industri, dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong penulis untuk meningkatkan keahlian professional pada tingkat yang lebih tinggi.
Ø  Waktu tempuh, karena untuk mencapai keahlian professional atau pengalaman kerja menjadi lebih singkat. Setelah lulus sekolah dengan praktik kerja industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
Ø  Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika.
Ø  Menambah pengetahuan mengenai lembaga pemerintahan, dalam hal ini KPP Pratama Indramayu.





B. Sejarah Singkat Perusahaan

1.  Sejarah
KPBB Indramayu didirikan pada tahun 2002 dengan Kepala Kantor pertama kali adalah Drs. Nana Djuhana. Pada awala berdirinya KPBB Indramayu belum mempunyai gedung kantor sendiri dan masih meminjam gedung dari Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu yaitu Dinas Pendapatan Daerah Indramayu di Jalan Kartini No.14 Indramayu.
Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, KPBB Indramayu kemudian mendirikan gedung kantor sendiri pada tanggal 2 Maret 2005 di Jl. Jend. Gatot Subroto No.40-42 Indramayu. Sehubungan dengan terdapatnya reformasi birokrasi pada tubuh Direktorat Jendral Pajak pada tahun 2007 tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2007 KPBB Indramayu kemudian melebur menjadi satu dengan KPP, KP2KP dan Karikpa sehingga berubah nama menjadi KPP Pratama Indramayu.

2.  Bidang Usaha
Bidang Usaha KPP Pratama Indramayu yaitu menghimpun uang negara melalui pembayaran pajak dan melaporkannya ke badan keuangan negara.

3.  Fungsi KPP Pratama Indramayu
¿  Pengumpulan, pencarian dan pengolahan data, pengamatan potensi perpajakan, penyajian informasi perpajakan, pendataan objek dan subjek pajak, serta penilain objek Pajak Bumi dan Bangunan.
¿  Penetapan dan penerbitan produk hukum perpajakan.
¿  Pengadministrasian dokumen dan berkas perpajakan, penerimaan dan pengolahan surat pemberitahuan, serta penerimaan surat-surat lainnya.
¿  Penyuluhan Perpajakan.
¿  Pelaksanaan registrasi Wajib Pajak.
¿  Pelaksanaan ekstensifikasi dan insifikasi pajak.
¿  Penatausahaan piutang pajak dan pelaksanaan penagihan pajak.
¿  Pelaksanaan pemeriksaan pajak.
¿  Pengawasan kepatuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak.
¿  Pelaksanaan konsultasi perpajakan.
¿  Pelaksanaan administrasi KPP Pratama Indramayu.







4.  Struktur Organisasi Perusahaan















































5.  Sistem Perekrutan Karyawan
Sistem perekrutan karyawan di KPP Pratma Indramayu terdiri dari dari 2 cara, yaitu :
¿  Melalui penerimaan umum, untuk pendidikan sarjana dan SLTA yang ditujukan ke departemen keuangan RI maupun Biro Jasa Perekrutan Tenaga Kerja.
¿  Melalui jalur pendidikan di STAN yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang berada di Jurangmangu Bintaro Jakarta, untuk pendidikan D3.

C.  Kegiatan Prakerin

1.  Masa Pelaksanaan Prakerin
Penulis memulai prakerin di KPP Pratama Indramayu pada tanggal 1 Maret 2010 dan mengakhirinya pada tanggal 21 Mei 2010.

2.  Jenis Pekerjaan yang Dilakukan
Ada 2 jenis pekerjaan yang biasa penulis kerjakan ketika prakerin di KPP Pratama Indramayu, yaitu :
v  Tugas Pokok :
Tugas yang harus penulis kerjakan di Sie Pelayanan adalah :
a.    Dengan aplikasi Drop Box, yaitu aplikasi yang digunakan untuk merekam tanda terima, mengedit tanda terima dan sebagainya. Langkahnya :
Ø  Start > all program > double klik “internet explorer”
Ø  Muncul jendela explorer
Ø  Klik menu favorit pada menu explorer
Ø  Pilih Aplikasi Drop Box
Ø  Muncul tampilan Aplikasi Drop Box

                            Gambar 1.2

Ø  Isikan Username dan Pasword untuk login ke Aplikasi Drop Box (Username dan Pasword sudah ditentukan oleh kantor)
Ø  Klik button login
Ø  Muncul tampilan menu Drop Box

                            Gambar 1.3

Ø  Ada 2 sub menu pada menu Drop Box, yaitu menu perekaman tanda terima dan menu peneliti.
Untuk pengerjaan merekam tanda terima, mengedit tanda terima, mengirim SPT ke peneliti, kita gunakan menu perekaman tanda terima.
¿  Merekam tanda terima, yaitu menu yang berfungsi untuk menginput data Wajib Pajak orang pribadi atau badan yang terfokus pada nomor tiket tanda terima.
Langkah :
Ø  Klik Menu Perekaman Tanda Terima
Ø  Pilih Merekam Tanda Terima
Ø  Muncul tampilan menu merekam tanda terima

                       Gambar 1.4

Ø  Input atau masukan data yang ada pada SPT Tahunan Wajib Pajak ( Pastikan data yang dimasukan sesuai dengan data yang ada pada SPT, agar tidak terjadi kesamaan data pada nomor tiket tanda terima; kesalahan data; kesalahan status SPT )
Ø  Klik button Simpan untuk menyimpan data yang sudah di input ( Apabila data tidak dapat disimpan, kemungkinan data tersebut sudah pernah direkam sebelumnya atau terjadi kesamaan nomor tiket sehingga data gagal disimpan )
Ø  Kemudian klik button Tambah baru untuk menginput data berikutnya

¿  Mengedit tanda terima, yaitu menu yang berfungsi untuk untuk mengedit data Wajib Pajak apabila terjadi kesalahan data yang sudah direkam dengan SPT Tahunan.
Langkah :
Ø  Klik Menu Perekam Tanda Terima
Ø  Pilih Edit Tanda Terima
Ø  Muncul tampilan menu edit tanda terima

                       Gambar 1.5

Ø  Masukan nomor tiket yang atau nomor Tanda Terima SPT Tahunan pada kolom No Tanda Terima yang ada pada form Kriteria Pencarian Tanda Terima
Ø  Klik button Cari
Ø  Data yang kita cari akan muncul pada form Daftar Tanda Terima SPT (seperti pada Gambar 1.5)
Ø  Untuk mengedit data yang sudah direkam atau disimpan, klik tanda pensil pada form Daftar Tanda Terima SPT


Ø  Muncul tampilan berikutnya

                       Gambar 1.5.a

Ø  Ubah data yang hendak di edit, kemudian klik button Edit untuk menyimpan hasil editan ( Apabila data tidak dapat di edit, berarti data tersebut sudah dikirim ke menu peneliti )

¿  Mengirim SPT ke Peneliti, yaitu menu yang berfungsi untuk mengirim data yang sudah di rekam ke menu peneliti agar bisa diteliti lengkap atau tidak SPT tersebut.
Langkah :
Ø  Klik Menu Perekam Tanda Terima
Ø  Pilih Mengirim SPT ke Peneliti
Ø  Muncul tampilan menu Generate Nomor Pengiriman ke Peneliti

                       Gambar 1.6

Ø   Masukan tanggal Tanda Terima pada kolom Tanggal Tanda Terima pada form Kriteria Pencarian Tanda Terima
Ø  Kemudian klik button Cari
Ø  Muncul form Dafar Data Tanda Terima
Ø  Kemudian klik button Go untuk mengirim data SPT ke Menu Peneliti

¿  Meneliti kelengkapan SPT, yaitu menu yang berfungsi untuk meneliti SPT Tahunan yang belum dan sudah lengkap.
Langkah :
Ø  Klik Menu Peneliti
Ø  Pilih Meneliti Kelengkapan SPT
Ø  Muncul tampilan menu Meneliti Kelengkapan SPT

                       Gambar 1.7
Ø  Sama ketika edit tanda terima, masukan nomor tiket yang atau nomor Tanda Terima SPT Tahunan pada kolom No Tanda Terima yang ada pada form Kriteria Pencarian Tanda Terima
Ø  Klik button Cari
Ø  Data yang kita cari akan muncul pada form Daftar SPT yang akan diteliti (seperti pada Gambar 1.7)
Ø  Untuk meneliti SPT yang sudah dikirim, klik tanda lup pada form SPT yang akan diteliti
Ø  Muncul tampilan berikutnya

                       Gambar 1.7.a

Ø  Teliti kelengkapan SPT dengan melihat jenis SPT dan kelengkapan bukti pemotongan pajaknya (perhatikan gambar 1.7.a)
Ø  Pada gambar diatas jenis SPT yang diteliti yaitu SPT Badan/CV dan SPTnya pun lengkap, karena terdapat bukti pemotongan pajak pada lampiran SPT
Ø  Klik button Simpan untuk menyimpan hasil teliti
Ø  Kemudian klik menu peneliti untuk meneliti SPT berikutnya

¿  Mengedit Hasil Penelitian SPT, yaitu menu yang berfungsi untuk mengedit hasil penelitian SPT yang salah input data.
Langkah :
Ø  Klik Menu Penelitian SPT
Ø  Pilih Edit Hasil Penelitian SPT
Ø  Muncul tampilan menu edit hasil penelitian SPT

                       Gambar 1.8

Ø  Masukan nomor tiket yang atau nomor Tanda Terima SPT Tahunan pada kolom No Tanda Terima yang ada pada form Kriteria Pencarian Tanda Terima
Ø  Klik button Cari
Ø  Data yang kita cari akan muncul pada form Daftar Tanda Terima SPT (seperti pada Gambar 1.8)
Ø  Untuk mengedit data yang sudah diteliti, klik tanda pensil pada form Daftar Tanda Terima SPT
Ø  Muncul tampilan berikutnya

                       Gambar 1.8.a

Ø  Ubah data yang hendak di edit, kemudian klik button Edit untuk menyimpan hasil editan

¿  Menomori Dafnom ke TPT
Langkah :
Ø  Klik Menu Penelitian SPT
Ø  Pilih Menomori Dafnom ke TPT
Ø  Muncul tampilan menu Generate Nomor Daftar Nominatif ke TPT

                       Gambar 1.9

Ø  Masukan tanggal Tanda Terima pada kolom Tanggal Tanda Terima dan s.d tanggal pada form Kriteria Pencarian Tanda Terima
Ø  Kemudian klik button Cari
Ø  Muncul form Dafar Nominatif SPT Lengkap
Ø  Kemudian klik button Go untuk menomori dafnom ke TPT

b.    Dengan menggunakan Ms.Excel, yaitu digunakan apabila kita hendak merekam daftar nominatif KPP Lain ( data SPT KPP Lain yang ada di KPP Pratama Indramayu yang kemudian data tersebut kita kirimkan melalui pos dan daftar KPP nya kita rekam di Ms.Excel dan kemudian dicetak )
Langkahnya :
Ø  Start > all program > Ms.Office > Ms.Excel
Ø  Muncul jendela Ms.Excel

                             Gambar 1.10

Ø  Ketikan data yang hendak diketik berdasarkan amplop data SPT yang  ditujukan ke KPP Lain dengan format :

No
KPP Tujuan
Alamat
1
KPP Pratama Cirebon
Jl. Evakuasi No.9

Ø  Kemudian data disimpan di My Document dengan nama “Kirim SPT KPP Lain (per tanggal)”

c.    Dengan menggunakan Aplikasi Master File Wajib Pajak, aplikasi ini digunakan untuk mencari data baik WP maupun Badan yang tidak terdaftar di KPP Indramayu yang hendak direkam.
Langkah :
Ø  Buka Web KPP Indramayu
Ø  Pilih Aplikasi Master File Wajib Pajak
Ø  Muncul tampilan seperti dibawah ini
 
                       Gambar 1.11
v  Tugas Sampingan atau Tambahan :
Ø  Menggandakan surat – surat penting, seperti Surat Keterangan Terdaftar (SKT), Surat Sanksi, Surat Undangan, Surat SPT Tahunan, Surat Permohonan, Surat Permohonan SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang), Surat Pemberitahuan Pemeriksaan, Surat Pembayaran SPT, Surat Tagihan Pajak, Surat Pengiriman Data SPT ke KPP Lain, Surat Penolakan Permohonan Bebas Pajak Penghasilan, Surat Pengesahan, Surat Pemberitahuan Bebas Pajak Penghasilan, Surat Laporan, Surat Ketetapan Pajak KB (Kurang Bayar), Surat Penghapusan NPWP, Surat Penanggung Jawaban Faktur Pajak dan surat – surat lainnya.
Ø Perekaman SPT dengan menggunakan Aplikasi, aplikasi ini      digunakan untuk menginput data secara elektronik ke Kantor Pusat dan biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh sie PDI.
Ø  Mengamplop Surat serta kelengkapannya ( menstempel surat yang hendak di amplop, menstepel amplop, menulis alamat tujuan surat dan menomorinya, mengisi daftar surat keluar sie pelayanan )
Ø  Menstempel Buku Arsip Tanda Terima
Ø  Mengisi berita acara setelah melakukan Merekam Tanda Terima ( per tanggal perekaman )
Ø  Menggandakan berkas – berkas penting, seperti bukti pemindah bukuan, berita acara.
Ø  Mendata, menjilid, menulis tujuan dan meneliti kelengkapan DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan Pajak)
Ø  Mengarsip data faktur pajak
Ø  Mendata dan mengarsip SKT (Surat Keterangan Terdaftar)
Ø  Menstempel SPPT (Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan)
Ø  Mengketik dan menggandakan Rencana dan Realisasi Penerimaan Pajak Tahunan KPP Prata Indramayu
Ø  Mengarsip register SPT Tahunan
Ø  Menulis STTS (Surat Tanda Terima Setoran)                                                                                         



3.  Sinkronisasi Pekerjaan
Selama penulis prakerin di KPP Pratama Indramayu, pekerjaan yang penulis lakukan sedikit ada hubungannya dengan standar kompetensi yang sudah penulis pelajari disekolah, seperti :
Ø  Merekam data yang hubungannya dengan penginputan data pada database yang terdiri dari input (insert), edit, update, delete.
Ø  Merekam diatas jaringan yang online dengan menggunakan toko online yang pernah penulis pelajari disekolah dengan menggunakan aplikasi “joomla”.
Ø  Merekam data dengan mengunakan Ms.Office


D.  Kesimpulan dan Saran

1.  Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri  di KPP Indramayu dan membuat laporan ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
Ø  Praktik Kerja Industri  ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi penulis dan siswa siswi SMK Negeri 1 Gantar dalam pendidikan di dunia kerja.
Ø  Praktik Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia kerja.
Ø  Praktik Kerja Industri  ini dilaksanakan untuk menambah ketermpilan siswa dalam setiap praktik dan menerapkan teori-teori yang didapat langsung pada objeknya.
Ø  Dengan adanya Praktik Kerja Industri ini, siswa/siswi tidak lagi memerlukan waktu latihan lanjutan bila ingin memasuki dunia kerja.

2.  Saran
Pada kesempatan ini, ijinkanlah penulis untuk memberikan beberapa saran kepada pihak industri dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan dimasa mendatang.
*   Saran – saran untuk pihak industri :
Ø  Agar industri dapat menyediakan seorang instruktur khusus yang pada hari-hari tertentu dapat memberikan pelajaran teori yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilaksanakan siswa/siswi sehingga siswa/siswi dapat mengerti dan memahami pekerjaan yang dilaksanakan.
Ø  Kepada pihak industri untuk dapat lebih banyak memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa/siswi, supaya jam kerja dapat diisi dengan penuh tanpa ada waktu kosong yang terbuang percuma.

*   Saran – saran untuk pihak sekolah :
Ø  Pihak sekolah agar dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan Prakerin secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
Ø  Kepada pihak sekolah alangkah baiknya jika setiap siswa/siswi yang sudah Prakerin diwajibkan  untuk membuat Laporan Prakerin, karena Pembuatan laporan ini bertujuan :
¿  Siswa/siswi mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan penerapannya di dunia kerja.
¿  Siswa/siswi mampu mencari alternatif pemecahan masalah kejuruan secara lebih luas dan mendalam yang terungkap dari buku laporan yang dibuatnya.
¿  Siswa/siswi dapat memahami cara-cara pembuatan suatu laporan Praktik Kerja Lapangan.
¿  Agar siswa/siswi dapat mencurahkan dan menuangkan pikiran serta segenap kemampuan kedalam tulisan.
¿  Siswa/siswi dapat menggunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan.
¿  Mengumpulkan data guna kepentingan sekolah dan dirinya sendiri.
¿  Menambah perbendaharaan perpustakaan sekolah dan dapat menunjang pengetahuan bagi siswa angkatan berikutnya.
¿  Sebagai bukti nyata bahwa penulis telah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan.






















LEMBAR PENILAIAN
KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Nama Peserta                                : SHILLVIA RAMADHAN
NIS.                                             :   
Kelas/Program Keahlian                  : XI-RPL 2
Nama DU/DI Tempat Prakerin       : KPP PRATAMA INDRAMAYU

NO
KOMPONEN PENILAIAN
NILAI
1
Prestasi Kerja

2
Kehadiran dan Disiplin

3
Inisiatif dan Kreatifitas

4
Kerjasama

5
Tanggung Jawab

6
Sikap

JUMLAH

NILAI RATA – RATA


Keterangan Nilai :
NILAI
PREDIKAT
ANGKA
HURUF
90-100
80-89
70-79
≤ 69
A
Amat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang




                        Mengetahui :                               …………………, …………………………2010
              Atasan Pembimbing Lapangan,                       Pembimbing Lapangan,




            …………………………………………………………                ……………………………………………………
              NIP./NIK…………………………………                   NIP./NIK…………………………………

LEMBAR PENILAIAN
PENYUSUSNAN LAPORAN DAN PRESENTASI
KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Nama Peserta                                : SHILLVIA RAMADHAN   
NIS.                                             :
Kelas/Program Keahlian                  : XI-RPL 2 
Nama DU/DI Tempat Prakerin       : KPP PRATAMA INDRAMAYU

NO
KOMPONEN PENILAIAN
NILAI
A.  PENYUSUNAN LAPORAN
1
Sistematika Penulisan Laporan

2
Penggunaan Tata Bahasa & Intra-kalimat

3
Kerapian Hasil Penulisan Laporan

4
Isi Laporan

JUMLAH

NILAI RATA – RATA

B.   PRESENTASI
1
Penampilan (Performance)

2
Penguasaan Materi Laporan

3
Kemampuan Verbalistik

4
Kemampuan Menjawab Pertanyaan

JUMLAH

NILAI RATA – RATA


Keterangan Nilai :
NILAI
PREDIKAT
ANGKA
HURUF
90-100
80-89
70-79
≤ 69
A
Amat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang



                                                                   Indramayu,…………………………………2010
                                                                               Guru Pembimbing,



                                                                             M. IRFAN AFANDI                          
PERHITUNGAN NILAI AKHIR
KEGIATAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Nama Peserta                                : SHILLVIA RAMADHAN
NIS.                                             :
Kelas/Program Keahlian                  : XI-RPL 2
Nama DU/DI Tempat Prakerin       : KPP PRATAMA INDRAMAYU

NO
KOMPONEN PENILAIAN
NILAI
1
Penilaian Kegiatan Prakerin

2
Penilaian Laporan/Jurnal Prakerin

3
Penilaian Presentasi

JUMLAH (1 + 2 + 3)

NILAI AKHIR (Rata-rata)

PREDIKAT


Keterangan Nilai :
NILAI
PREDIKAT
ANGKA
HURUF
90-100
80-89
70-79
≤ 69
A
Amat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang





                                                                   Indramayu,…………………………………2010
                                                                               Guru Pembimbing,



                                                                             M. IRFAN AFANDI       
                                       


LEMBAR PENGESAHAN

Setelah menyelesaikan penyusunan Buku Jurnal,
Laporan dan Presentasi Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin),
Maka dengan ini kami menerangkan bahwa :

Nama Peserta                                :   
NIS.                                             :   
Kelas/Program Keahlian                  :    
Nama DU/DI Tempat Prakerin       :
Alamat DU/DI                               :   
                                                     :   
Pelaksanaan Prakerin                      :     Mulai Pada Tanggal :       
                                                      
                                                                         Berakhir Pada Tanggal :



Dinyatakan : Lulus/Belum Lulus *)
Mengikuti Kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Tahun Pelajaran 2009/2010
Di SMK Negeri 1 Gantar Kabupaten Indramayu

Ditetapkan di : INDRAMAYU
Pada Tanggal :______________________2010

                         Pihak DU/DI,                                     Guru Pembimbing,



                                                                                M. IRFAN AFANDI    
              NIP./NIK                                                   

Mengetahui / Mengesahkan :
Kepala SMK Negeri 1 Gantar Kabupaten Indramayu,




Drs. MOH. AGUNG MULYANA
NIP. 19630503 198803 1 011

1 komentar: